KONSEP NEW MEDIA
A. P E N E R A P A N N E W M E D I A P A D A W E B S I T E
DEFINISI NEW MEDIA (Media Baru)
Media Baru
adalah istilah yang dimaksudkan untuk
mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan
komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian
besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital, seringkali
memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat,
interaktif dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media yang
terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara
khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online
forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.
Menurut Everett
M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi
ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi
cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif.
Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Ron
Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang
melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi
penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi
yang diinginkan. Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana
seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite
meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam
proses komunikasi yang semakin meningkat.
PANDANGAN NEW MEDIA
Pandangan new media dari masyarakat sekitar, karena
masyarakat selalu berhubungan dengan adanya new media misalnya internet yang
mencakup jejaring sosial, televisi analog,iPhone maupun game. Berikut adalah
pandangan masyarakat:
Luasnya jejaring sosial yang bisa menghubungkan semua user
di seluruh dunia bisa berkomunikasi dengan mudah.
Kesepian, hal ini yang memicu masyarakat untuk bermain game
di internet maupun online jejaring sosial, tetapi dampak negatif dari faktor
ini adalah terkadang masyarakat bisa terasingkan dari dunia luar(nyata) karena
terlalu fokus pada new media di dunia maya
MANFAAT NEW MEDIA
Bidang Sosial
Dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat
misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat
seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello dll. Dengan
menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasid dengan
semua user dibelahan dunia manapun.
Bidang
Industri/Dagang
Dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin
menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk
membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang
dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui
facebook, twitter atau kaskus.
Bidang Pendidikan
Dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun
pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine
kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas
email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar
informasi.
Bidang Lowongan
Kerja
Dalam bidang ini bagi yang ingin mencari pekerjaan cukup
searching di internet lalu mendaftar secara online bahkan bisa mengikuti tes
masuk secara online juga, tidak perlu lagi susah payah datang dari kantor ke
kantor.
KOMPONEN NEW MEDIA
Komponen dari
new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone
dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat
mengakses bebesapa situs jejaring sosial. Internet dijadikan sebagai komponen
New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi
dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah
interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen
New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi.
Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan
Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan
harus seimbang dalam pemakaiannya.
APLIKASI NEW MEDIA
1. Jejaring Sosial
Contoh aplikasi
new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo
messenger, my space, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi
masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload
photo, video call dll. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah,
cepat dan mudah.
2. Online Shop
Produk produk
sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat
banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui
facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian
konsumen secara cepat.
3.
Informasi/Pendidikan
Untuk mencari
segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu
biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun
website website lain nya.
Beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan
new media, yaitu:
Google, altavista,
yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata
yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
CNN, BBC, detik,
okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita
secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya yang
menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan
dan berita secara audio visual.
Twitter, facebook,
friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social
network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata
publik.
BSE, e-dukasi.net,
ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa
pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku
elektronik (e-book), dsb.
Sumber :
http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/kmm/17-tmb-umb/2078-lalongkoe-ramses
http://whileshare.blogspot.com/2011/10/new-media.html
http://nanda-bima.blogspot.com/2011/10/peng-teknologi-internet-dan-new-media.html
http://sekarageng.blogspot.com/2012/10/konsep-dasar-new-media-dan-contoh.html
Komentar
Posting Komentar