Usecase Sistem Perpustakaan
Ini merupakan
tulisan pengerjaan tugas mata kuliah Pemrograman Berbasis Obyek, dan materi
yang akan dituliskan merupakan usecase diagram pada studi kasus perpustakaan
yang terdapat pada video ini https://www.youtube.com/watch?v=jBJHqSHlgKk.
Jadi, dalam
video tersebut dijelaskan proses-proses saat pengunjung ingin meminjam buku di
perpustakaan. Dan saya akan menjelaskan proses berdasarkan usecase diagram yang
saya buat. Pertama saat kita ingin memasuki perpustakaan, kita harus memiliki
semacam kartu ID untuk di-tap agar bisa memasuki perpustakaan. Setelah itu kita
menyimpan barang bawaan kita di loker, lalu kita dapat mencari buku yang ingin
kita pinjam melalui computer yang terdapat di perpustakaan. Setelah menemui
buku yang ingin kita pinjam, kita pergi ke bagian checkout buku dengan menscan
buku yang akan kita pinjam menggunakan id card kita. Jika kita tidak melakukan
checkout terlebih dahulu, maka saat kita keluar melewati mesin pendeteksi buku
dan kita membawa buku tanpa dicheckout terlebih dahulu, mesin pendeteksi
tersebut akan menyala. Dan jika kita ingin mengembalikan buku yang kita pinjam,
kita kembali mengguanakan kartu ID kita untuk mengembalikannya. Ada juga system
shelf management atau manajemen dari isi rak yang ada di perpus tersebut yang
berfungsi untuk mengecek apakah urutan buku di rak sudah benar atau belum dan
juga untuk mengecek apakah ada buku yang hilang atau tidak.
Komentar
Posting Komentar