Usecase Sistem Perpustakaan

Ini merupakan tulisan pengerjaan tugas mata kuliah Pemrograman Berbasis Obyek, dan materi yang akan dituliskan merupakan usecase diagram pada studi kasus perpustakaan yang terdapat pada video ini https://www.youtube.com/watch?v=jBJHqSHlgKk.

Jadi, dalam video tersebut dijelaskan proses-proses saat pengunjung ingin meminjam buku di perpustakaan. Dan saya akan menjelaskan proses berdasarkan usecase diagram yang saya buat. Pertama saat kita ingin memasuki perpustakaan, kita harus memiliki semacam kartu ID untuk di-tap agar bisa memasuki perpustakaan. Setelah itu kita menyimpan barang bawaan kita di loker, lalu kita dapat mencari buku yang ingin kita pinjam melalui computer yang terdapat di perpustakaan. Setelah menemui buku yang ingin kita pinjam, kita pergi ke bagian checkout buku dengan menscan buku yang akan kita pinjam menggunakan id card kita. Jika kita tidak melakukan checkout terlebih dahulu, maka saat kita keluar melewati mesin pendeteksi buku dan kita membawa buku tanpa dicheckout terlebih dahulu, mesin pendeteksi tersebut akan menyala. Dan jika kita ingin mengembalikan buku yang kita pinjam, kita kembali mengguanakan kartu ID kita untuk mengembalikannya. Ada juga system shelf management atau manajemen dari isi rak yang ada di perpus tersebut yang berfungsi untuk mengecek apakah urutan buku di rak sudah benar atau belum dan juga untuk mengecek apakah ada buku yang hilang atau tidak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL

MAKALAH TENTANG ANAK JALANAN

MAKALAH TENTANG MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK YANG BERBUDAYA