PENERAPAN DESAIN GRAFIS PADA BIDANG EDUKASI (PENDIDIKAN)

Desain grafis juga merupakan salah satu cara atau wahana untuk menyampaikan sebuah informasi kepada orang lain untuk mengerti bagaimana dan apa yang di di sampaikan oleh desainer. Proses penyampaian pesan berupa visual dapat berupa gambar bitmap dan juga video. Desaign Grafin ini juga penting bagi kehidupan sehari untuk mengetahui perkembangan dunia digital dan juga dunia gambar. Design Grafis juga di manfaatkan untuk pembuatan sebuah sketsa bangunan, otomotif dan juga denah gografis. Berikut adalah manfaat Design Grafis dan tujuanya.

Tujuan Desain Grafis
Tujuan desain grafis adalah menerangkan bagaimana cara untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui media visual yang menggunakan gambar sebagai fasilitas untuk menyampaikan sebuah informasi atau pesan sejelas-jelasnya. Umumnya, orang akan lebih mudah menerima pesan dalam bentuk visual gambar dibandingkan dalam bentuk teks. Bentuk visual juga lebih universal ditangkap oleh mata manusia untuk berbagi latar belakang yang berbeda.
Tujuan Umum Desain Grafis Sebagai Berikut :
  • Berfungsi untuk menyampaikan pesan kepada khalayak (pendengar), dalam hal ini adalah masyarakat luas.
  • Berfungsi untuk membuat desain yang dipaksa akan menjadi pengirim pesan atau menyenangkan akan memperbaiki pesan.
Contoh Penerapan Dalam Bidang Pendidikan
Salah satu contoh penggunaan desain grafis pada bidang Pendidikan yaitu penggunaan dalam  software presentasi yang biasa digunakan dosen atau mahasiswa dalam presentasinya, seperti contohnya powerpoint atau software presentasi lainnya

Manfaat Desain Grafis Dalam Bidang Pendidikan

1.      Sebagai Media Mempermudah Kepahaman Siswa
Menggunakan gambar atau bentuk visual dalam bidang pembelajaran dapat membuat siswa lebih mudah menangkap materi yang disampaikan. Gambar yang mendukung pembelajaran akan lebih mudah diingat, sehingga daya ingat siswa terhadap materi yang disampaikan akan lebih baik.

2.       Mengenalkan Siswa Dengan Desain Grafis
Dalam proses pembelajaran, siswa juga memperhatikan hal lain yang kemudian dapat dikembangkan sendiri oleh dirinya sendiri. Menggunakan desain grafis sebagai media pembelajaran, akan membuat siswa tertarik dengan desain grafis dan mengembangkan kemampuan siswa untuk memperlajari desain grafis yang kemudian diimplementasikan dalam lingkungannya.
Dengan penggunaan perangkat lunak ini diharapkan untuk membentuk objek siswa menerima semua materi yang telah diajarkan, tidak hanya dalam teori tapi sudah melihat bentuk dan simulasi .Bentuk mungkin termasuk penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia, komposisi tubuh manusia, dan sebagainya.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH TENTANG ANAK JALANAN

MAKALAH TENTANG MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK YANG BERBUDAYA

MAKALAH MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL